Wednesday, March 7, 2012

Jica Bantu Kembangkan Prodi Sastra Jepang Unsoed

Jurusan Ilmu Budaya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dipercaya oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk memfasilitasi tenaga ahli bahasa Jepang. Tenaga ahli yang ditetapkan oleh JICA adalah Katsuki Chie. Selama dua tahun, dia akan membantu mengakselerasi program studi (prodi) S-1 Sastra Jepang di Unsoed.

Bertempat di Ruang Rapat Senat, Gedung Rektorat Unsoed, Chie bersama dua perwakilan JICA, yakni Hikichi Yuko dan Arlin diterima oleh Pembantu Rektor II Unsoed Eko Hariyanto. Dalam sambutannya, Eko menyampaikan kondisi Unsoed dan lingkungan sekitar secara umum, dalam bahasa Inggris bercampur bahasa Jepang.

“Selama tinggal di sini Ms. Katsuki Chie akan terhindar dari kemacetan lalu lintas dan polusi yang biasanya terjadi di kota-kota besar. Selain itu, Ms. Katsuki Chie juga bisa menikmati makanan tradisional yang ada di sini dan sangat spesial, salah satunya mendoan,” kata Eko seperti dikutip dari situs Unsoed, Jumat (10/2/2012).

Sementara itu, Chie mengungkapkan, akan berusaha melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik. "Saya akan berjuang sekuat tenaga berjuang untuk mengajarkan sastra Jepang di Unsoed bersama staff pengajar yang lain," katanya dalam bahasa Indonesia yang cukup fasih.

Sekretaris Jurusan Ilmu Budaya FISIP Unsoed Yusida Lusiana yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyebutkan, kerja sama antara Jurusan Ilmu Budaya dengan JICA sudah dirintis sejak proses pendirian program studi S-1 Sastra Jepang dua tahun lalu.

"Kami mencoba mengkomunikasikan rencana pendirian program studi sekaligus bagaimana mengakselerasi program studi tersebut, sehingga bisa dalam proses pembelajaran nantinya, kita dapat berjalan secara optimal, " kata Yusida.

Kehadiran staf ahli dari JICA untuk mendukung proses pembelajaran bahasa dan sastra Jepang, lanjutnya, sangat bermanfaat bagi segenap civitas akademika Unsoed.

"Selain secara pedagogis tentunya menguatkan kegiatan pembelajaran, secara psikologis akan memberikan implikasi positif bagi sivitas akademika Sastra Jepang Unsoed, " tutur mantan Ketua Program Studi S-1 Sastra Jepang FISIP Unsoed.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

This Blog contains provide all Student get more Tips and Tricks to reach UNSOED University

  © Enersi Colleges by Pendidikan Dokter 2014

Back to TOP